Hari Ini:

Kamis 23 November 2017

Jam Buka Toko:

08.00 - 17.00 WIB

Telpon:

085727004955

SMS:

085727004955

BB Messenger:

hani.setyowati.sardjono@gmail.com

Email:

hijab.husna@gmail.com

Layanan Online:

Categories

Pembayaran Melalui

Rek : 0810524286
An. Hani Setyowati
Rek : 1350004957278
An. Hani Setyowati

8 Tips Mencari Supplier Agar Aman Berjualan Online Jangka Panjang Bagi Olshop Pemula

17 June 2016 - Kategori Blog

7 Tips Mencari Supplier Agar Aman Berjualan Online Jangka Panjang Bagi Olshop Pemula

Setiap orang yang berkeinginan untuk berjualan online atau membuka usaha terutama hijab atau fashion, setelah memiliki masalah modal yang di pikirkan selanjutnya adalah bagaimana mencari supplier atau tempat kulakan. Bagi yang berada di kota kota besar atau dekat dengan pusat grosir, hal yang mudah untuk langsung datang, kulakan/ membeli barang yang diinginkan lalu dijual lagi. Selesai. Tapi bagaimana dengan yang berlokasi jauh dari pusat grosir terutama untuk pedagang online adalah mencari supplier via online dengan browsing browsing di internet. Berikut 8 tips yang akan kami bagikan bagi ukhti ukhti yang ingin mencari supplier via online agar bisa berjualan dengan aman, nyaman dan tentunya berkelanjutan dalam jangka panjang.

1. Carilah supplier yang memproduksi sendiri produk produk mereka
Biasanya supplier yang produksi sendiri akan bisa restok terus produk produk mereka terus. Kenapa? Karena berjualan online itu berbeda sekali dengan berjualan offline. Pada pasar offline orang mempunyai toko yang mana pembeli bisa melihat dan memegang langsung barang dagangan kita, kalau online mereka hanya bisa melihat foto dengan cara kita mengunggahnya ke website, blog atau akun media sosial kita. Kalau barang yang kita jual cepat habis dan tidak restok, bisa mengecewakan pembeli. Belum lagi kalau pembeli itu adalah juga reseller yang menjualkan produk produk kita. Mengecewakan pelanggan berarti bisa membunuh peluang berikutnya. Ada pembeli yang tidak kapok tapi banyak juga yang kapok. Sudah capek capek upload ke medsos eh begitu ada yang beli barang sudah banyak yang kosong. Cara browsingnya gampang, tinggal cari dengan kata kunci : produsen hijab, konveksi jilbab, dll. Bisa ditambahkan dengan filter nama kota apabila ingin spesifik mencari di daerah terdekat. Misalnya mencari supplier hijab daerah solo, bisa dimasukan kata kunci : produsen hijabinstan di solo klaten dan jogja.

2. Carilah supplier yang menyediakan gambar yang bagus
Gambar yang bagus itu yang bagaimana yah? Selain jernih, foto atau gambar harus bisa menjelaskan tentang produk yang dipakai. Misal untuk hijab syar’i tentu saja harus memperlihatkan foto penuh, dari samping dan pada bagian kepala. Dengan foto yang tepat, pesan yang disampaikan penjual ke pembeli akan semakin jelas pula. Supplier yang tidak menyediakan gambar yang jelas akan sedikit mempersulit kita, kenapa? Berjualan adalah berjualan foto. Jadi selain bisa produksi sendiri juga harus menghasilkan foto yang bagus yang siap di gunakan oleh para reseller. Kecuali apabila ukhti mau sedikit repot memfoto sendiri silahkan tidak mengapa juga. Akan tetapi bagi pemula, itu menjadi hal yang tidak praktis.
Contoh fotonya adalah sebagai berikut :

Foto tampak depan

khimarassajdahfulldepan

Foto tampak dari samping

khimarassajdahtampaksamping

Foto detail bagian kepala

khimarassajdahdetailkepala

Foto foto di atas sudah mewakili deskripsi produk dan bisa memberikan penjelasan kepada customer.
Perlu di perhatikan bahwa setiap berkomunikasi dengan calon pembeli baru harus menyertakan ukuran dari produknya. Misal khimar instan bahan wolfis mempunyai ukuran panjang depan 90 cm dari dagu dan ukuran ke belakang 140 cm dari kepala bagian atas. Biasanya akan disingkat dengan tulisan 90/140 cm. Ini untuk menghindari komplen pembeli di masa mendatang karena kita sudah menjelaskan dengan detil spesifikasi produk.

3. Carilah supplier dengan kualitas barang bagus tetapi harga terjangkau dan masih bisa bersaing. Saat kita memulai sebuah bisnis, tentunya kita tidak bisa langsung menerapkan harga yang tinggi pada konsumen kita. Rata rata orang belanja pasti menginginkan kualitas terbaik dengan harga semurah mungkin. Apabila mencari supplier yang menjual barang mereka dengan harga sangat tinggi, akan berpengaruh pada daya beli konsumen. Kenapa harus cari supplier yang kualitas barangnya bagus? Dunia online, para pembeli kehilangan ongkos kirim untuk yang mereka beli, secara tidak sengaja mereka menghendaki kesempurnaan dari barang yang mereka beli, ditambah lagi kalau di foto bagus eh ternyata barang aslinya tidak bagus. Setidaknya kualitas standard lah ya, karena kualitas yang sangat bagus dan rapi untuk tipe jahitan tertentu akan berpengaruh pada harganya juga, karena bisa jadi produk mereka itu mereka kerjakan dengan alat khusus yang memang tidak sembarang konveksi memilikinya jadi hasilnya bisa mendekati sempurna. Oiya jangan lupa memperhatikan kualitas kainya ya ukh, karena kualitas bahan akan sangat berbengaruh juga pada kepuasan konsumen. Jahitan bagus tapi jenis bahan kurang bagus juga akan menurunkan nilai produk tersebut, demikian juga bahan bagus tapi jahitan tidak bagus juga akan menurunkan nilai dari produk tersebut.
4. Carilah supplier yang mempunyai CS ramah juga enak untuk di ajak berkomunikasi. Dan juga respon nya tidak terlalu lama. Ini juga sangat menentukan sekali. Pelayanan yang cepat akan sangat membantu kita dalam menghandle customer kita. Bayangkan saja kalau cs supplier kita membalas bbm atau WA 3 jam atau 4 jam kemudian, padahal kita butuh jawaban cepat untuk customer baru kita, wah bisa lari calon pembeli kita. Setidaknya rentang waktu maksimal satu jam itu masih dikategorikan fast respon karena kita pun harus memaklumi karena online, mungkin cs juga punya pekerjaan yang lain.
5. Carilah supplier yang bisa dropship. Dropship ini sangat penting bagi penjual online pemula, karena tidak harus repot repot drop ke alamat kita baru kita mengirim ke customer, tapi supplier langsung bisa mengirim ke alamat customer kita. Selain hemat waktu, hemat energi, lebih efisien juga cost lebih bisa di tekan karena kalau dropship dengan supplier mengirim langsung ke customer kita berarti barang akan cepat sampai juga.
6. Gunakan rekening yang sekiranya paling fleksibel diantara bank lain. Bisa sms/m banking juga smsbanking. Karena ini sangat penting bagi aktifitas online shop. Transfer ke supplier tidak harus ke atm. Cek transferan masuk tidak usah ke atm. Smua bisa dikerjakan dirumah. Menghemat waktu dan tenaga.
7. Carilah alternatif kurir atau ekspedisi termurah, tapi dilihat juga yah kualitas pengantaranya dan cara mereka menghadapi komplen pelanggan. Contohnya gini, sebuah ekspedisi dengan tarif hampir setengah harga dari ekspedisi lain bisa jadi ketika ada barang hilang mereka tidak bisa menghandle dengan baik. Itu akan sangat merugikan diri kita sendiri.
Usahakan menjadi reseller yang bisa bekerjasama dengan baik. Contohnya begini, setiap supplier pasti punya rule sendiri sendiri, apabila rule dari supplier ukhti adalah, maksimal transfer 2×24 jam sejak booking barang, usahakan untuk transfer ke supplier ukhti sebelum rentang waktu itu. Itu harus kita upayakan agar kepercayaan supplier ukhti ke ukhti tetap terjaga dengan baik sehingga kalau ukhti meminta untuk menyimpan pasti akan disimpan dengan baik dan tidak diberikan ke pembeli lain. Sekali lagi bahwa bisnis online ini beda dengan offline. Bisnis online adalah bisnis kepercayaan. Akan banyak sekali supplier yang menerapkan rule bisnis, siapa transfer duluan maka dapat barang duluan. Ini adalah cara mereka menghindari pembeli PHP(pemberi harapan palsu hehehe) atau menghindari cancel dari pembeli. Pelajari rule supplier ukhti agar lancar bekerja sama jadi lancar usahanya sama sama.

Sekian tips dari husna hijab. Sampai ketemu di tips berikutnya.

Husna Hijab adalah produsen hijab syar’i modern, fokus produksi pada khimar dan pashmina instan. Dengan bahan bahan Insya Allah terbaik, kulitas bersaing, harga terjangkau dan membuka seluas luasnya kesempatan kepada semua partner yang ingin bekerjasama. Welcome partner…welcome reseller…

Salam
Owner Husna Hijab

, , , , ,

​​